06 Mei 2009

Headset Pembaca Pikiran

oleh Abdalah Gifar dan Hafiyyan



Ini bukan sulap, bukan sihir. Anda tak perlu susah-susah menjadi master sulap atau apapun namanya, untuk menggerakkan sesuatu tanpa menyentuhnya. Otak Anda dapat melakukannya. Tentu untuk melakukannya, Anda harus dibekali suatu alat khusus layaknya Nobita yang tak dapat lepas dari alat dari kantong ajaib Doraemon. Seperti yang kita liat di film-film futuristik memang, tetapi kini alat seperti itu memang benar-benar telah diciptakan. Alat itu disebut Mind-reading headset.

Ini adalah inovasi dari teknologi sebelumnya dari teknologi yang serupa. Peneliti telah mengembangkan sistem yang membaca gelombang otak - dalam bentuk electroencephalogram (EEG) sinyal - untuk membantu orang cacat atau menderita kelumpuhan kontrol kursi roda, bermain game Movie Kamera, atau mengetik di komputer. Anda dimungkinkan untuk mengontrol teknologi dengan sinyal-sinyal listrik yang dihasilkan oleh penembakan neurons dalam otak Anda. Hubungan kita dengan teknologi - dan otak kita- tidak akan pernah sama lagi.

Prestasi manis dari Adam Wilson ini sebenarnya biasa saja. Dia menggunakan sistem yang biasa disebut BCI2000. Bahkan teknologi ini ditemukan di ratusan laboratorium di seluruh penjuru dunia. Teknologi ini dapat melakukan fungsi keyboard untuk program perangkat lunak. Namun ini signifikan dengan tepat dan dengan "kesepeleanya": Teknologi baca pikiran akan berdampak besar-besaran tahun ini.

Pada bulan yang akan datang, headset ini akan diobral ke masyarakat umum. Kini, dua perusahaan tengah mempersiapkan perangkat yang serupa ke pasar untuk diperjual kepada konsumen. Orang Australia pengeluar Emotiv, headset yang memiliki 16 sensor. Alat tersebut memungkinkan orang untuk langsung melakukan 12 gerakan berbeda dalam sebuah permainan komputer. Emotiv firman helm juga dapat mendeteksi emosi.


Sebanding dengan PC yang menjalankan Windows, tahun ini akan menghasilkan sekitar $ 299. Mereka telah menunjukkan permainan di mana pemain bergerak untuk membangun kembali batu Stonehenge menggunakan kekuatan pikiran sendiri.

Sebuah perusahaan California, NeuroSky, juga telah membangun sebuah perangkat yang dapat mendeteksi emosi: yang tegas mengatakan apakah Anda fokus, santai, takut atau cemas.

Daripada menjual langsung ke masyarakat, NeuroSky melakukan lisensi set-up-nya ke perusahaan lain, termasuk Mattel, Nokia dan Sega. Mattel, misalnya, akan segera menjual permainan yang melibatkan levitating pemain bola menggunakan pemikiran sendiri.

Perangkat ini adalah sungguh murah, terutama bila dibandingkan dengan harga tag pada penelitian-grade EEGs yang dapat berjalan hingga ratusan ribu dolar. Headset Emotiv akan dijual sekitar $ 299, sedangkan Mattel mengeluarkan harga hanya $ 80. Dengan harga relatif rendah, komunikasi antarotak ini kemungkinan besar akan populer - dan tidak hanya bagi orang-orang yang ingin bermain dengan mereka.

Mempertimbangkan apa yang terjadi pada saat revolusi hubungan antarmuka muncul beberapa tahun terakhir - pengendali tanpa kabel dari Wii, game konsol dari Nintendo. Para hacker mulai bereksperimen; jutaan orang telah melihat bagaimana hubungan antarmuka dapat mengalihkan industri untuk membuat sebuah robot bermain tenis, melacak pergerakan kepala orang dan membuat TV biasa berlayar tiga dimensi.

Anda juga dapat mengharapkan beberapa pikiran-hacks meniup ke hasil sekali Emotiv dan NeuroSky saat merilis perangkat mereka. Yang pasti akan membantu mempercepat perkembangan otak pengendali.

Tapi yang paling menarik akibat banjir datang dari gelombang adalah teknologi tidak sama sekali. Orang tua, dan orang lain yang menjadi sekolah yang kabur memori. parahnya anak muda sekarang ini memiliki fasilitas dengan teknologi interaktif dapat kehilangan arah.

Sudah ada spekulasi tentang bagaimana internet, dan permainan interaktif lainnya adalah teknologi mengubah otak dari generasi - walaupun belum tentu cukup beralasan. Tetapi untuk generasi sesudah itu, maka akan biasa menggunakan komputer untuk mengendalikan pikiran sendiri. Mengingat adapatasi dan kelenturan dari otak manusia yang luar biasa, bagaimana kita hardware dan software biologikal kita akan menyesuaikan diri?

sumber:
http://www.newscientist.com
http://emotiv.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar