01 Juni 2009

SOP Fenomenaus!

Standard Operating Procedure (SOP) dari Fenomenaus! mencakup prosedur penggalian fenomena, peliputan fenomena, dan penyajian fenomena.

Penggalian fenomena.
Ini adalah tahap awal atau praproduksi dari Fenomenaus!. Apa yang tersajikan dalam Fenomenaus! adalah hasil perumusan pengelola (admin) tiap minggunya. Namun tidak menutup kemungkinan, perumusan fenomena dilakukan lebih cepat. Penentuan dari fenomena yang diangkat adalah berdasarkan hal berikut ini:
- dekat dengan keseharian
- jarang diperbincangkan tetapi memiliki "sesuatu"

Peliputan fenomena.
Peliputan oleh pengelola atau kontributor mengacu pada kaidah jurnalistik, yaitu faktual, jujur, dan tidak berpihak. Pengelola dan kontributor dapat menerima apapun dari siapapun selama pemberi ikhlas, mengingat pemberian apapun tidak akan memengaruhi penyajian. Adapun proses peliputan yang dilakukan adalah dengan salah satu atau gabungan dari teknis reportase berikut ini:
- people trail
- paper trail
- internet trail

Penyajian fenomena.
Penyajian dilakukan setelah proses reportase tuntas. Prosedurnya, kontributor mengirimkan calon postingannya kepada admin Fenomenaus!. Yang memungkinkan dilakukan sekarang adalah updating mingguan. Bila struktur telah siap, updating akan dilakukan perhari. Mengenai bahasa pada postingan, Fenomenaus! menggunakan bahasa jurnalistik yang mudah dicerna oleh siapapun yang melek huruf.

Hal-hal lain di luar prosedur yang telah tersurat di atas, prosedur diatur langsung oleh admin dan tidak dicantumkan di sini.

Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar